ArtikelBudayaBukuPendidikan

4 Rekomendasi Buku Anak Sesuai Umur

Tidak ada komentar

Memiliki anak yang gemar membaca buku adalah harapan hampir semua orang tua. Membaca memang punya banyak sekali manfaat. Selain meningkatkan daya ingat, membaca buku dapat memperkaya kosa kata, membentuk perilaku, memperluas wawasan, juga melatih anak untuk fokus. 

Orang tua menjadi sosok yang berperan penting dalam membangun minat baca anak. Rutin membacakan buku kepada anak sebelum tidur, atau ketika bermain akan membangun bonding serta meningkatkan ketertarikan anak terhadap buku. Pertanyaannya sekarang, sudahkah orang tua memberikan anak buku yang tepat? 

Tips Memilih Buku Anak

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan usia anak dengan buku bacaannya. Untuk anak usia 0-1 tahun, diperlukan buku yang bergambar dan berwarna terang agar anak terangsang ikut membaca. Oh iya, jangan lupa untuk memilih buku yang terbuat dari kain atau kertas tebal karena di usia ini anak suka sekali meremas dan merobek. 

Pada usia 1-2 tahun anak mulai mengeluarkan kosa-kata dan bisa menunjuk serta meniru. Maka, pilihlah buku dengan karakter tokoh kartun atau binatang dengan sedikit teks. Orang tua bisa membaca dengan nyaring sambil berpura-pura menjadi si tokoh. 

Selanjutnya, di usia 3-5 tahun anak boleh mulai dikenalkan dengan buku yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari dan mengandung banyak pesan. Buku dengan lebih banyak teks akan baik untuk menambah kosa kata mereka sehari-hari.

Usia 6 tahun ke atas anak sudah bisa membaca sehingga buku yang direkomendasikan menjadi lebih beragam. Ada komik, novel anak, dan lain sebagainya. 

4 Rekomendasi Buku Anak 

  1. Bayi 0-1 tahun, orang tua bisa memilih buku bantal yang warna-warni dan  berbentuk lucu. Selain itu, banyak juga buku-buku impor bekas yang memproduksi buku khusus untuk balita. Meski bekas, kualitasnya tetap baik loh. 
  2. Balita 1-2 tahun, buku yang direkomendasikan adalah produksi Rabbithole. Sekilas buku-buku ini seperti impor, padahal 100% lokal. Teksnya tidak begitu banyak, namun isinya sangat cocok bagi anak usia 1-2 tahun karena mengenalkan emosi, empati dan cara memecahkan masalah. Oh ya, jangan lupa kumpulkan buku-buku fabel juga ya!
  3. Balita 3-5 tahun, pilihannya semakin beragam. Ada Halo Balita dari Mizan, Seri Fun Cican, Seri Sains Untuk Balita, dan masih banyak lagi. 
  4. Anak 6 tahun ke atas sudah mulai bisa dikenalkan komik-komik sederhana seperti Doraemon, Hatori, 21 emon, Kobo-Chan, KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya), Petualangan Lima Sekawan, dan lain-lain. 

Nah, seru banget ya ngobrolin tentang buku. Apalagi sekarang banyak sekali penulis-penulis buku anak lokal yang mumpuni dan menghasilkan karya luar biasa untuk anak-anak Indonesia. Yuk, mulai sisihkan uang belanja bulanan untuk beli buku!

 

Related Articles

Tak ditemukan hasil apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Puisi

Sepuluh Tahun Lalu

SEPULUH TAHUN LALU   Oleh: Suparlan     Hallo Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah …. Sudah bangunkah kalian…