ArtikelBudayaPendidikan

Sehat dan Segar Dengan Jaremu Kenceng

Oleh: Suparlan *)

Jamu adalah produk Indonesia yang terkenal. Orang desa pun sudah tahu semua. Antangin sebagai contoh. Antangin telah mendunia. Untuk sehat, tentu tidak cukup dengan doa. Tapi harus dengan usaha. Antara lain adalah dengan olah raga. Selain itu, pakai aja jamu yang sudah mendunia itu. Dengan jamu, Anda akan menjadi garang. Segar dan merangsang. Teman-teman di kantor ada yang rutin jalan kaki di GBK (Gelora Bung Karno). Itu luar biasa. Walking is the cheapest sport. Jalan kaki adalah olah raga yang termurah. Dengan jalan kaki 3 jam per minggu atau 30 menit per hari, dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 40% menurut penelitian. Coba aja kalo tidak percaya. Olah raga itu praktik, bukan soal teori. Untuk bisa badminton, Anda siswa tidak perlu menghafal panjang lapangan badminton. Ini yang terjadi di sekolah-sekolah kita. Tes praktik olah raga dengan pilihan ganda. Heee.

Maaf saya potong di sini dulu. Saya sedang mempraktikkan genre baru dalam menulis. Bukan dengan Bahasa formal seperti menulis paper atau skripsi. Ingin tahu tentang menulis genre baru? Saya akan menulisnya nanti. Tunggu ya! Karena saya yakin akan pesan Sayyidina Ali Ra. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.

Genre baru dalam menulis

Genre baru ini, saya meniru Ippho Santosa. Ippho adalah sahabat saya yang sukses sebagai pengusaha. Sukses menulis buku yang mega best seller. Bukunya bertajuk Success Protokol yang diterbitkan oleh penerbit group Gramedia telah laku satu juta eksemplar. Siapa yang tidak mau. Karena itu saya belajar menulis dengan genre baru ala Ippho Santosa ini. Menulis sepanjang hayat adalah cita-citaku. Saya mulai dengan menulis judul ini. Sehat dan segar dengan JAREMU KENCENG. Penasaran? Yaaaa harus sabar sobat. Bukankan sabar itu kekasih Allah? Innalloha maashobirin. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang sabar. Demikian Bahasa Arabnya, meski saya tidak bisa Bahasa Arab.

Sebelum saya meneruskan menulis tentang sehat dan segar dengan JAREMU KENCENG, saya akan menambahkan pengetahuan yang sangat penting tentang jalan kaki. Dengan berjalan kami selama 1 hingga 3 jam per minngu dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara hingga 20 – 40%. Tidak percaya juga? Ya praktikkan saja dalam kehidupan.

Selain itu, resiko terkena kanker akan meningkat 50% jika Anda mengalami kelebihan berat badan. Bahkan dalam studi selama 12 tahun, dibuktikan bahwa berjalan kali dapat mengurangi resiko kematian hingga 50%, termasuk kematian karena terkena kanker. Sekali lagi, tidak percaya? Ya coba saja. Heee.

Lagi. Berjalan 30 menit per hari dapat menurunkan resiko terkena diabetes bagi siapa saja dengan berat badan berapa saja. Berjalan cepat yang dilakukan selama 30 menit setiap harinya selama 8 bulan dapat menurunkan terjadinya sindrom metabolis penderita diabetes tanpa harus mengubah pola makan.

Lho lho … Judul tulisan ini tentang sehat dan segar tentang JAREMU KENCENG atau JALAN KAKI??? Maaf, saya hampir lupa, karena sekalian praktik kesehatan. Terutama tentang jalan kaki. Wah ini sangat penting. Jalan kaki sangat penting untuk daya ingat. Wah ini penting untuk ulama seperti saya! Apa pula itu ulama? Ulama itu usia lanjut masih aktif. Itulah yang saya maksud. Seperti saya. Inilah hasil penelitian tentang jalan kaki.’

Jalan kaki bermanfaat membantu mengatasi masalah daya ingat Anda. Seorang yang menjalani program latihan jalan kaki selama 24 jam terbukti mampu memperbaiki skor memori atau ingatan seseorang, atau mampu menurunkan skor kecenderungan untuk mengalami dimensia (kepikunan).

Berikutnya, menurut James A. Blumenthal, Ph. D. dan rekan-rekannya secara mengejutkan pada tahun 1999 telah membuktikan bahwa jalan kaki dapat menjadi antidepresan bagi para penderita depresi tingkat mayor. Bahkan, jalan kaki dibuktikan sangat bermanfaat untuk menjadi awet muda, karena jalan kaki meningkatkan metabolisme tubuh. Nah, ini lagi. Jalan kaki ternyata mampu untuk mengatasi disfungsi ereksi, mengurangi resiko impoten, meningkatkan kesehatan esksual, dan mengurangi terjadinya stroke. Pokoknya, jalan kaki sangat besar sekali manfaatnya untuk kesehatan kita. Hanya dengan berjalan kaki, kita justru menjadi lebih sehat. Nah, kita menjadi sehat dan segar dengan JAREMU KENCANG. Mulai di sini Anda akan mempelajari apa itu, dan bagaimana itu cara membikin JAREMU KENCENG?

Bahasa Jawa

Habis subuh, saya sempat bicara dengan tetangga. Salah satu tetangga itu orang Jawa. Beliau memperkenalkan ramuan jamu Jawa. Itulah JAREMU KENCENG. Jaremu artinya katamu. Jaremu artinya ujarmu atau katamu. Kenceng artinya kencang, maksudnya di sini sehat dan segar. Kata JAREMU KENCENG merupakan akronim atau semacam singkatan, seperti JAS MERAH atau jangan sekali-kali melupakan sejarah. JAREMU KENCENG itu ramuan jamu yang biasa digunakan untuk membuat jamu ala orang Jawa. JA singkatan dari jahe merah. RE singkatan dari sereh. MU singkatan dari madu. KEN singkatan dari kencur, dan CENG singkatan dari cengkeh. Tentulah para pembaca telah mengetahui nama-nama jamu yang biasa digunakan untuk membuat jamu tersebut. Jahe merah perlu digecek. Kemudian sereh batang dan daunnya dipotong. Yang kita perlukan adalah bonggolnya, dipukul-pukul. Kemudian ditambah dengan MU singkatan dari madu. Lalu, ditambah lagi dengan kencur, diiris-iris. Lalu yang terakhir adalah CENG singkatan dari cengkeh. Lengkaplah sudah. JAREMU KENCENG. Semuanya dalam jumlah secukupnya.

Kecuali madu, semuanya direbus dengan air yang cukup dan disisakan menjadi separuh. Akhirnya air separuh itu ditambahlah dengan madu secukupnya. Taruhlah air tersebut dalam tempat yang bersih, untuk siap dituangkan ke dalam cangkir untuk kemudian diminum setelah makan malam satu sampai dua sendok. Kalau terlalu kental, dapat ditambah dengan air putih secukupnya. Duduklah, dan sebelum minum ucapkanlah bismillahirahmanirrahin. Rasakan manis dan berbagai rasa ramuan JAREMU KENCENG tersebut. Terakhir, ucapkan Alhamdulillahirobil alamin.

*) Laman: http://www.suparlan.com; Surel: me@suparlan.com.

Depok, 10 September 2015.

2 pemikiran pada “Sehat dan Segar Dengan Jaremu Kenceng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.