Al-QuranDunia Islam

Poin-poin Keutamaan Surah Al Baqarah Makna dan Strukturnya

Tidak ada komentar

Surah Al-Baqarah adalah surah ke-2 dalam Al-Qur’an yang terdiri atas 286 ayat. Surah ini termasuk dalam golongan surah-surah Madaniyah, yaitu surah-surah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad setelah hijrah ke Madinah.

Surah Al-Baqarah merupakan surah yang sangat penting dalam Al-Qur’an karena memiliki banyak tema yang diangkat dalam ayat-ayatnya. Berikut adalah beberapa poin penting yang terkandung dalam surah Al-Baqarah:

  1. Keimanan: Surah Al-Baqarah menekankan pentingnya keimanan kepada Allah, malaikat, kitab-kitab suci, nabi-nabi, dan hari akhir.
  2. Hukum-hukum Islam: Surah ini membahas tentang hukum-hukum Islam yang berlaku bagi umat Muslim, seperti hukum shalat, zakat, puasa, haji, dan jinayat.
  3. Perangkat-perangkat ibadah: Surah Al-Baqarah juga membahas tentang perangkat-perangkat ibadah yang diperlukan dalam kehidupan seorang Muslim, seperti mesjid, kiblat, dan qurban.
  4. Perintah-perintah Allah: Surah ini menyebutkan beberapa perintah Allah yang harus diikuti oleh umat Islam, seperti memelihara hubungan kekeluargaan, menjaga kehormatan, dan memperlakukan orang lain dengan baik.
  5. Larangan-larangan Allah: Surah Al-Baqarah juga menyebutkan beberapa larangan Allah yang harus dihindari oleh umat Islam, seperti makan harta yang haram, berbohong, dan melakukan kekerasan terhadap orang lain.
  6. Kisah-kisah nabi: Surah ini menceritakan beberapa kisah nabi yang bermanfaat sebagai pelajaran bagi umat Islam, seperti kisah nabi Adam, nabi Musa, nabi Ibrahim dan Nabi Isa
  7. Peringatan: Surah Al-Baqarah juga mengandung beberapa peringatan bagi umat Islam tentang akibat buruk yang akan diterima oleh orang-orang yang tidak taat kepada perintah Allah dan larangan-larangan-Nya.
  8. Keutamaan kitab-kitab suci: Surah ini juga menekankan pentingnya kitab-kitab suci yang diturunkan kepada Nabi-nabi sebelumnya, seperti Taurat, Injil, dan Al-Qur’an.
  9. Hari akhir: Surah ini juga membahas tentang hari akhir dan ancaman bagi orang-orang yang tidak taat kepada Allah.
  10. Doa: Surah Al-Baqarah mengajarkan kepada umat Islam tentang cara-cara berdoa yang baik dan benar serta keutamaan doa.
  11. Keutamaan shalat: Surah ini juga menekankan pentingnya shalat dalam kehidupan seorang Muslim dan memberikan petunjuk tentang cara-cara melakukan shalat yang benar.
  12. Zakat: Surah Al-Baqarah juga membahas tentang zakat, yaitu salah satu rukun Islam yang merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang memiliki harta lebih.
  13. Puasa: Surah ini juga membahas tentang puasa, yaitu salah satu rukun Islam yang merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang sudah dewasa dan sehat.
  14. Haji: Surah Al-Baqarah juga membahas tentang haji, yaitu salah satu rukun Islam yang merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang mampu secara finansial dan fisik.
  15. Jinayat: Surah ini juga membahas tentang jinayat, yaitu tindakan-tindakan yang dilarang oleh Islam seperti zina, mencuri, dan berbohong.

Struktur surah Al-Baqarah terbagi menjadi 2 bagian besar. Bagian pertama terdiri atas ayat-ayat pertama sampai ayat-ayat ke-141 yang membahas tentang prinsip-prinsip keimanan, hukum-hukum Islam, perangkat-perangkat ibadah, dan keutamaan kitab-kitab suci. Bagian kedua terdiri atas ayat-ayat ke-142 sampai ayat-ayat terakhir yang membahas tentang nabi-nabi, hari akhir, doa, keutamaan shalat, zakat, puasa, haji, dan jinayat.

Di surah tersebut terdapat ayat Kursi yang cukup terkenal, ia adalah ayat ke-255 dari surah Al-Baqarah dalam Al-Qur’an. Ayat ini merupakan ayat yang sangat penting dalam Al-Qur’an karena memiliki banyak makna dan keutamaan. Ayat Kursi menegaskan bahwa Allah merupakan Tuhan yang Maha Tinggi dan Maha Besar yang tidak membutuhkan sesuatu pun. Allah tidak pernah tidur atau mengantuk, dan Dia memiliki kepemilikan atas semua yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat menolak apa yang Dia kehendaki, dan Dia mengetahui segala sesuatu yang terjadi di depan dan di belakang kita. Ayat Kursi juga menyebutkan bahwa Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya.

Setiap ayat dalam surah Al-Baqarah terdiri atas beberapa kalimat yang saling berkaitan dan memiliki makna yang terintegrasi. Setiap kalimat dalam surah ini juga terdiri atas beberapa kata yang memiliki arti dan makna tertentu.

Salah satu keutamaan surah Al-Baqarah adalah membahas tentang ajaran tauhid dalam Islam, yaitu kepercayaan kepada Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa yang tidak memiliki sekutu atau anak. Surah ini juga membahas tentang hukum-hukum ibadah dalam Islam, seperti tentang shalat, zakat, haji, dan lain-lain. Surah ini juga menyajikan sejarah umat Muslim sebelumnya, termasuk tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dan umat Muslim dari Mekkah ke Madinah, serta berbagai peristiwa penting yang terjadi selama perjalanan tersebut. Dengan demikian, surah Al-Baqarah merupakan surah yang sangat penting bagi umat Muslim karena membahas berbagai masalah keagamaan yang sangat fundamental dan memberikan petunjuk tentang cara menjalani kehidupan sebagai seorang muslim yang taat.

 

 

Tags:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.