ArtikelDunia Islam

Ucapkan ini yang Tepat untuk Selamat Lebaran: Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Taqabbalallahu minna wa minkum. Yang artinya Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu, kemudian menurut riwayat ucapan ini diberikan tambahkan oleh para sahabat dengan kata-kata “shiyamana wa shiyamakum”, yang artinya puasaku dan puasamu. Dengan demikian secara lengkap kalimat tersebut menjadi “taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum” yang artinnya “semoga Allah menerima amalan saya dan kamu, amalan puasa saya dan kamu“.  Itulah ucapan Idul Fitri dalam budaya Arab.

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ وَجْعَلْنَا اللَّهُ وَ اِيَّكُمْ مِنَالْعَائِدِين وَالْفَائِزِين

Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, wa ja’alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin

Ada versi lain untuk ucapan ini, menurut Ibnu Taimiyah, ucapan Idul Fitri. Taqabbalallahu minna waminkum wa ahalahullahu ‘alaik (Arab: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ, وَأَحَالَهُ اللَّهُ عَلَيْك), yang artinya: Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakannya atasmu.

Jadi ucapan yang tepat yang mana?

Ucapan selamat untuk momen tertentu bisa saja dari tradisi atau adat. Sedangkan hukum asal suatu adat adalah boleh, selagi tidak ada dalil tertentu yang mengubah dari hukum asli ini. Hal ini juga merupakan madzhab Imam Ahmad. Mayoritas ulama menyatakan, ucapan selamat pada hari raya hukumnya boleh.

Sedangkan Al-Hafizh Ibnu Hajar juga menjelaskan, ucapan selamat (tahniah) diperbolehkan, sebab adanya nikmat, syukur, atau terhindar dari suatu musibah, diumpamakan sebagai sujud syukur dan ta’ziyah.

Merangkum di atas, setiap ucapan baik, apalagi yang merupakan doa, dalam momen nikmat atau bahkan musibah, adalah diperbolehkan, bahkan baik jika dilakukan. Untuk ucapan Idul Fitri yang terbaik memang ‘taqabbalallahu minna wa minkum’. Tetapi bukan berarti doa dan ucapan baik lainnya tidak diperbolehkan.

Lalu, apa ucapan untuk menjawab Taqabbalallahu minna waminkum?

Jika ada yang mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum, kita bisa menjawabnya dengan minna waminkum taqobbal ya karim.” Yang artinya kurang lebih, “Ya Allah Yang Maha Mulia terimalah amal kami.”

Dari Minal Aidin Wal Faizin Sampai ke Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Satu pemikiran pada “Ucapkan ini yang Tepat untuk Selamat Lebaran: Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.