ArtikelPendidikan

5  Rekomendasi Tujuan Wisata Pendidikan yang Paling Seru

Karya wisata alias wisata pendidikan adalah agenda yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua anak sekolah. Toh belajar pada dasarnya tidak melulu harus dilakukan di dalam ruang kelas. Melakukan rekreasi ke tempat baru atau merasakan budaya yang berbeda secara langsung tentunya bisa menjadi opsi untuk memperkaya pengetahuan. 

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali tujuan wisata pendidikan. Tersebar dari ujung ke ujung, setiap tempat menanti kunjungan para wisatawan untuk dieksplorasi. Destinasi wisata edukasi sendiri biasanya memiliki nilai tambah. Baik karena value sejarahnya yang tinggi, atau karena memiliki kegiatan yang merangsang kreativitas.

Nah, barangkali teman-teman pembaca lagi mencari inspirasi tempat berlibur yang sekaligus bisa menjadi tempat belajar, simak ulasan berikut ini yuk!

Museum

Mengunjungi museum rasanya memang terdengar kuno dan membosankan. Tapi jangan kabur dulu, saat ini banyak banget museum yang konsepnya sudah diperbaiki sehingga tidak terlihat suram lagi. Sebut saja Museum Macan di Jakarta atau Museum Angkut di Batu Malang. Keduanya sangat modern dan menawarkan pengetahuan yang dibalut dengan kreativitas unik yang pastinya bikin pengunjung betah berlama-lama. 

Kebun Binatang

Berjalan-jalan ke kebun binatang selalu menjadi pilihan favorit untuk wisata pendidikan. Di sini, kita akan bertemu dan melihat langsung hewan-hewan yang selama ini hanya ada di buku. Untuk hewan-hewan tertentu bahkan kita bisa menyentuh serta memberi makan langsung. Selain itu ada juga atraksi hewan yang secara khusus sudah mendapatkan pelatihan. Dijamin bakal mengundang decak kagum!

Planetarium dan Observatorium 

Siapa di sini yang suka banget mengamati langit dan perbintangan? Kalian perlu banget mengunjungi planetarium atau observatorium nih. Ada tiga kota yang memiliki wahana planetarium, yaitu Jakarta (Planetarium Ismail Marzuki), Surabaya (Planetarium Loka Jala Crana), dan Yogyakarta (Planetarium Taman Pintar).

Sedangkan untuk observatorium teman-teman bisa berkunjung ke Bandung (Bosscha), Kutai Kartanegara, Kalimatan Timur (Observatorium Tenggarong), dan Kupang, Nusa Tenggara Timur (Observatorium Timau)

Agrowisata

Jalan-jalan ke daerah pertanian atau perkebunan tentunya bisa menjadi refreshing yang mengasyikan. Sepuluh tahun terakhir, kawasan agrowisata banyak diincar sekolah-sekolah loh. Biasanya di sini, wisatawan tidak hanya jalan-jalan dan berfoto. Pengunjung bisa ikut turun ke sawah, menyemai padi dan bibit, menggiring kerbau, serta memancing ikan. So, selalu ingat untuk membawa baju ganti ya kalau berkunjung ke agrowisata. 

Wisata Profesi

Selain mengenal indahnya ciptaan Tuhan, asyiknya menanam padi, serta mengagumi bintang-bintang, ada destinasi wisata lain yang tak kalah menarik yaitu Kidzania. Mengambil tempat di dalam Mall, Kidzania menawarkan wisata edukasi mengenal berbagai macam profesi. Di sini anak-anak bisa merasakan langsung pengalaman menjadi pilot, pemadam kebakaran, dokter gigi, serta buruh pabrik mie instan dan banyak profesi lainnya. 

Diharapkan setelah bermain ke Kidzania, anak-anak akan jadi terinspirasi dan menemukan cita-cita yang diimpikan. 

Wah, ternyata banyak banget ya tempat-tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk rekreasi sambil mencari tambahan ilmu. Kalau kalian, yang mana nih destinasi wisata pendidikan favoritnya? Share di kolom komentar yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.