1. Hari Senin, tanggal 4 Agustus 2014 merupaan hari pertama masuk kantor setelah Bulan Ramadhan 1435 H. Itulah waktu yang dinanti-nantikan semua pegawai, terutama yang beragama Islam. Mereka saling bersalam-salaman untuk meminta maaf. Dalam kesempatan bertemu itu konon kita dapat saling menyambung tali silaturahim. Bersamaan dengan itu diucapkanlah “Selanat Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin”. Padahal pengertian “Minal Aidin Wal Faizin” tidak ada kaitan sama sekali dengan permintaan maaf. Sehingga jika ditranselerasikan kedalam Bahasa Indonesia menjadi “min, yang memiliki arti termasuk, al-aidin, artinya orang-orang yang kembali, wal, artinya dan, kemudian al-faizin, artinya menang”. Dengan demikian “minal aidin wal faizin” artinya “Mudah-mudahan kita menjadi orang yang kembali dan menang”, yang tidak lain kembali suci sesuai dengan tujuan Puasa Ramadhan itu sendiri, yakni menjadi orang yang bertaqwa, dan menang dalam arti memperoleh kemenangan dari pertempuran melawan hawa nafsu.
2. Dalam hal ini, Nabi Muhammad Saw tidak mengajarkan kepada umatnya untuk mengucapkan “Minal Aidin Wal Faizin”, melainkan diminta untuk mengucapkan “Taqabballallahu minna waminkum, syiamana wasyiamakum” yang artinya “semoga Allah menerima amal-amal kami dan kamu, puasa kami dan kamu.
3. Tradisi inilah yang kita sebut sebagai acara Halal Bihalal, atau acara saling menghalalkan. Dikatakan bahwa di antara kita sudah tidak ada lagi “perasaan” dosa lagi. Itulah sebabnya, dalam acara itu ada yang menyebutkan “kosong-kosong”. Untuk tujuan itu semua, kebanyakan masyarakat Muslim di berbagai daerah memiliki tradisi “mudik”, yakni pulang kampung untuk meminta maaf kepada orang tua yang masih ada, atau saling kangen-kangenan dengan sanak saudara untuk menjalin tali silaturahim. Hal itu tentu saja baik-baik saja. Tetapi, ada satu pertanyaan yang perlu kita pikirkan jawabannya sebagai berikut:
4. Pertama, memang “semua manusia itu tempat salah dan dosa”. Tetapi apakah kita lebih baik mengumpulkan salah dan dosa itu, atau setidaknya menunda-nunda kesalahan untuk kemudian kita lebur di Hari Raya Idul Fitri?
5. Kedua, apakah memang semikian mudahnya kita dapat melebur dosa-dosa dan kesalahan dengan hanya “berhalal bihalal’, termasuk dosa-dosa besar kepada orang lain, misalnya dosa “korupsi”?
6. Ketiga, apakah tradisi mudik memang telah kita warisi sejak zaman Nabi atau setidaknya sejak zaman sahabat Nabi? Tentu ada manfaatnya, tetapi besar mana antara manfaatnya dengan mudaratnya?
7. Ketiga pertanyaan tersebut memang belum akan dapat kita jawab sekarang. Setidaknya, pertanyaan itu menjadi PR saya untuk mencari jawabannya. Kehidupan beragama umat ini memang masih diliputi oleh tradisi, yang belum tentu sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan As-Shunnah.
8. Inilah yang dikatakan oleh Muhammad Sjafii Antonio bahwa Al-Quran baru menjadi bacaan, dan belum menjadi “tuntunan” atau “manual” untuk kehidupan?
Kultum 22: Dari Minta Maaf Sampai Dengan Kebiasaan Mudik.
213 views
Tidak ada komentar
Popular Posts
Other Posts
Nazaruddin Umar dan Paulo Freire tentang Iqra’ dan Reading
Ini tentang iqra’. Tentang membaca. Tentang literasi. Saat ini kemendikbud sedang sibuk dengan upaya untuk meningkatkan budaya literasi.…
Trilogi Van Deventer
Sejarah pendidikan di Indonesia telah meninggalkan jejaknya, yang perlu menjadi…
Islam adalah Hudallinnas, Petunjuk Bagi Manusia
Tulisan saya dalam laman www.suparlan.com yang berjudul Dari Minal Aidin Wal Faizin Sampai Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, yang…
Kultur 10: Kasih Sayang dan Kewibawaan
1. Kasih sayang itu milik siapa? Bukan hanya milik mereka yang menjalin kasih mesra para remaja yang sedang…
Beberapa Kesan Tentang Masjid Raya As-Mashun dan Istana Maimum di Kota Medan, Sumatera Utara
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa dan perjuangan para pahlawannya (Bung Karno) Kebudayaan harus dibangun di…
Mengunduh Lailatul Qadar Dengan Iktikaf
Oleh: Suparlan *) Saya menggunakan istilah mengunduh. Artinya, ibarat lailatul qadar itu buah yang dapat diambil. Diambil dengan…