Artikel

KITO (Kartu Informasi Tanaman Obat)

 

Penyakit sebenarnya sebagai ujian bagi kita, agar kita ingat akan adanya giliran kita dipanggil mengadapnya, untuk mempertanggungjawabkan amal ibadah kita

(Suparlan)

Saya mempunyai pengalaman masa kecil yang tak terlupakan. Pengalaman ini mungkin telah memberikan inspirasi untuk menulis tentang tanaman obat. Ketika masih kecil, saya sering melihat nenek yang “mencekokkan jamu pahit” kepada cucunya yang sedang sakit. Saya tidak tahu persis jenis tanaman obat apa yang dibuat jamu itu. Biasanya, beberapa tanaman obat seperti kencur, temu lawak, dan sejenisnya “digecek” atau ditumbuk, dan kemudian diperas, yang airnya kemudian diminumkan kepada cucunya.

TOI dan KITO

Itulah yang memberikan inspirasi kepada saya untuk menulis buku berjudul TOI (tanaman obat Indonesia), dan ringkasannya berupa kartu informasi yang saya beri nama KITO (kartu informasi tanaman obat). Di halaman rumah, ada beberapa tanaman obat yang telah saya buatkan KITO-nya, seperti brotowali, sambiloto, kumis kucing, binahong, sirih merah, dan sebagainya. Secara pribadi, saya sendiri biasa minum rebusan sambiloto, atau rebusan brotowali yang rasanya sangat pahit itu. Bahkan, pengalaman adik ipar saya yang tinggal di Malang, ternyata penyakit diabes militus-nya sembuh total, karena setiap hari minum rebusan daun sambiloto. Pengalaman itu telah membuaat saya berani untuk menulis KITO ini di laman pribadi saya. Apalagi Paman Google selalu siap membantu saya untuk menjadi sumber informasi tentang tanaman obat tersebut. Siapa tahu informasi ini diperlukan bagi pembaca yang mengalami masalah kesehatan, yang dewasa ini banyak diderita oleh masyarakat. Berikut ini contoh KITO untuk beberapa tanaman obat.

 

KITO (KARTU INFORMASI TANAMAN OBAT)

 

BROTOWALI

Foto

 

Nama Brotowali. Nama Latin: Tinospora crispa. Nama lain: Antawali, bratawali, putrawali, daun gadel (Jawa); Andawali (Sunda), Antawali (Bali); Shen jin teng (Cina).;
Kandungan

dan manfaat

Brotowali mempunyai kandungan untuk penghilang rasa sakit (analgetik), penurun panas (antipiretik), untuk menyembuhkan rheumatik dan demam; kencing manis (diabetes militus), kudis (scabies), dan luka.
Penggunaan
  1. Reumatic arthritis, demam kuning, nafsu makan kurang, dan kencing manis: satu jari-jari tangan batang dipotong-potong, dicuci, kemudian direbus dengan satu gelas air sehingga menjadi setengahnya. Setelah dingin disaring, dan dapat ditambah dengan madu, kemudian diminum 2 (dua) kali sehari.
  2. Kudis (scabies): tiga batang bratawali dicuci, ditumbuk dan ditambah dengan belerang secukupnya.
  3. Luka: tumbuk batang dan daun brotowali dan tempelkan di tempat yang luka.
Sumber: www.google.com                          Oleh: www.suparlan.com

 

KITO (KARTU INFORMASI TANAMAN OBAT)

SAMBILOTO

Foto

 

Nama Sambiloto. Nama Latin Sambiloto adalah Andrographis Paniculata. Seluruh bagian dari tanaman ini (daun & batang) dapat digunakan sebagai bahan obat.
Kandungan dan manfaat Sambiloto mengandung Andrografolid Lactones (zat pahit), diterpene, glucosides & flavonoid yang dapat menurunkan panas, mineral (K, Ca, Na), dan andrografolid untuk menurunkan gula darah. Penelitian di Thailand memberikan informasi bahwa dalam 6 gram sambiloto sama efektifnya dengan parasetamol. Mengatasi kencing-manis:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh;
  2. Mengatasi hepatitis;
  3. Mengatasi disentri, flu, demam, amandel, ginjal, paru, bronchitis;
  4. Mengatasi kanker, TBC, hypertensi, kusta, keracunan, kencing nanah, dan kencing manis.
Pengggunaan Sambiloto dicuci dan kemudian direbus. Air rebusan diminum 2/3 kali sehari.
Sumber: www.google.com                          Oleh: www.suparlan.com

 

KITO (KARTU INFORMASI TANAMAN OBAT)

SIRIH MERAH

Foto

 

 

 

Nama Daun sirih merah (Piper Crocatum) adalah sejenis sirih tetapi berdaun merah. Tanaman ini diburu pecinta tanaman, bukan hanya karena keindahannya tetapi lebih karena khasiatnya sebagai obat.
Kandungan dan manfaat Selain bersifat antiseptik, daun sirih merah juga bisa dipakai mengobati diabetes, kanker, peradangan, hipertensi, hepatitis, dan ambeien.

1)      Menyembuhkan penyakit akibat diabetes;

2)      Menyembuhkan penyakit maag;

3)      Menyembuhkan benjolan yang ditengarai sebagai kanker;

4)      Menghilangkan keputihan;

5)      Mengatasi serangan jantung.

Manfaat Ambil 3 (tiga) lembar daun sirih merah yang masih segar. Cuci bersih; kemudian ebuslah daun sirih merah tersebut dengan sekitar dua gelas air. Setelah airnya mendidih dan tinggal sekitar setengah gelas, dinginkan. Airnya menjadi lebih kental, lalu minumlah dua – tiga kali sampai habis.
Sumber: www.google.com                          Oleh: www.suparlan.com

 

KITO (KARTU INFORMASI TANAMAN OBAT)

KUMIS KUCING

Foto         
Nama Tanaman Kumis-Kucing (Orthosiphon Aristatus) hidup di semak-semak di kebun sekitar rumah, dengan benang sari panjang dengan putik berwarna putih.
Kandungan dan manfaat Daun Kumis Kucing mengandung kalium (boorsma) yang cukup tinggi. Ia juga mengandung glikosida orthosiphonin, berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh, dari kandung kemih, empedu dan ginjal.
Penggunaan
  1. 1.      Infeksi ginjal dan hipertensi, cuci 30 gram herba segar kumis kucing, daun sendok dan rumput lidah ular. Rebus 3 gelas air sampai hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum setengah gelas dua kali sehari
  2. 2.      Infeksi saluran kencing, sering buang air kecil, disembuhkan dengan ramuan kumis kucing, meniran, dan akar alang-alang masing-masing 30 gram lalu dicuci bersih, dipotong-potong seperlunya lalu direbus dalam tiga gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, air tersebut kemudian diminum masing-masing setengah gelas 3 kali sehari.
  3. Kencing batu, 90 gram herba kumis kucing dicuci bersih lalu direbus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750 cc. Setelah dingin, minumlah sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian. Minumlah ramuan ini hingga penyakitnya sembuh.
Sumber: www.google.com                          Oleh: www.suparlan.com

 

KITO (KARTU TANAMAN OBAT)

MENIRAN

Foto
Nama Meniran. Bahasa Latin Phylanthus niruri.
Kandungan dan manfaat Mengandung Lignan, Flavonoid, Alkaloid, Triterpenoid, Tanin, Vitamin-C, dll. Penelitian terbaru tentang meniran ternyata bisa digunakan untuk penderita HIV AIDS. Ekstrak meniran sebagai “adjuvant” atau membantu dalam menanggulangi infeksi. Ekstrak meniran ini bersifat membantu, bukan mengobati, penyembuhan HIV/AIDS.
Penggunaan Ahli tanaman obat tradisional Prof. Hembing menawarkan penyembuhan hepatitis B dengan meniran. 60 gram daun meniran direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal 200 cc. Air rebusan ini diminum dua kali sehari selama tujuh hari berturut-turut. belum ada obat modern yang sanggup menyembuhkan hepatitis B dengan jitu. Senyawa aktif dalam meniran—filantin dan hipofilantin—berfungsi menggelontor racun dalam tubuh. Selain itu,  meniran memacu kekebalan tubuh
Sumber: www.google.com                          Oleh: www.suparlan.com

 

KITO (KARTU TANAMAN OBAT)

BINAHONG

Foto
Nama Nama tanaman ini kedengaran seperti nama China atau Korea. Tanaman ini disebut gendola. Nama Latin tanaman ini adalah Bassella Rubra Linn.
Kandungan dan manfaat Daun, akar, dan batangnya digunakan sebagai obat. Dapat memulihkan stamina yang loyo, meningkatkan vitalitas pria, menyembuhkan luka luar dan dalam
Penggunaan Untuk luka dalam, rhizoma (umbi binahong), cuci bersih, rebus, setelah dingin disaring dan diminum 2-3 kali sehari, untuk luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang. Untuk luka luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit. Umbi direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan 7, 9, 13 menyembuhkan pembengkakan jantung, lever, kencing manis, ginjal, dan radang usus besar. Kalau digodog dengan kencur (3 gelas menjadi 1 gelas) diminum tiap malam selama satu minggu berkhasiat untuk meningkatkan stamina pria. Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Anda bisa menambahkan sedikit sereh atau gula batu bila suka.
Sumber: www.google.com                          Oleh: www.suparlan.com

 

Demikianlah sekilas info tentang KITO (kartu informasi tanaman obat). Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu warga masyarakat yang ingin memperoleh informasi tentang tanaman obat. KITO untuk kita. Salam.

Depok, 8 Maret 2013.

6 pemikiran pada “KITO (Kartu Informasi Tanaman Obat)

  1. bagi rekan semua yang membutuhkan brotowali kering (simplisia), brotowali bubuk (powder) serta bahan baku herbal/jamu lainnya seperti daun insulin, jahe, kencur, kulit manggis, daun dewa dan lain-lain bisa hubungi Herbadream di 085702118190. terima kasih

  2. Assalamualaikum pak, adakah bapak mengetahui tentang daun sangjo ? dimana saya bisa memperolehnya ? karena saya senang sekali mengumpulkan tanaman obat untuk ditanam di rumah… beberapa saat lalu saya memperoleh info tentang daun sangjo yang sangat bermanfaat untuk kesehatan

    1. Apakah daun sangjo itu daun sambiloto ya? Kalau ya, tanaman itu banyak tumbuh di halaman rumah. Memang, transtv menyiarkan bahwa daun sambiloto telah dipatenkan oleh Amerika Serikat untuk mencegah dan mengobati HIV. Kalau bukan, coba ciri-cirinya bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.