ArtikelBudayaPendidikan

Batu Akik Anti Selingkuh

2 Komentar

Oleh Suparlan *)

Bomming batu akik memang telah menggejala ke mana-mana. Pengrajin batu akik tumbuh di berbagai tempat. Di pinggir jalan yang dahulu hanya ramai dengan para pembeli buah-buahan di Jalan Lenteng Agung Jakarta Selatan, sekarang diramaikan juga dengan penjual dan pembeli batuk akik. Jika sebelumnya para bapak sibuk menunjukkan cincin batu akik di jari manisnya, kini ibu-ibu pulai bergaya menunjukkan liontin batu akik dilehernya. Jika PNS yang dinas luar sebelumnya sibuk dengan oleh-oleh makanan khas daerah yang dikunjungi, sekarang para PNS tersebut sibuk dengan oleh-oleh batu akik khas daerahnya masing-masing. Bahkan para tamu dari daerah pun ikut memberikan oleh-oleh cincin batu akik dari daerahnya. Pokoknya tiada hari tanpa batu yang indah dan menarik itu. Apa lagi para tamu Konferensi Asia Afrika telah memperoleh oleh-oleh batu akik telah disiapkan oleh panitia (selain produksi khas Indonesia sudah barang tentu), batu akik telah menjadi bagian dari kehidupan.

Suatu ketika, ada seorang PNS yang tas bawaannya yang ditahan oleh petugas bandara gara-gara membawa bahan batu akik yang melebihi ketentuan menurut Perda. Ada daerah tertentu yang telah menerbitkan Perda tentang ketentuan tentang berat bahan mentah batu akik tidak boleh dibawa ke luar daerah. Dengan ketentuan tersebut bahan mentah batu akik tersebut terpaksa ditahan di bandara.

Beberapa Nama-nama batu akik

Media ikut memperluas penyebaran nama-nama batu akik. Nama Bacan memang paling sering diucapkan para pecinta batu akik. Nama Bacan pun mempunyai berbagai variasinya. Kalimaya menjadi nama yang juga sering disebut. Nama Pancawarna sering disebut karena termasuk batu akik yang dihadiahkan kepada peserta KAA di Bandung. Nama Merah Delima paling sering disebut sebagai nama batu akik yang memiliki nama yang bersifat mistik. Batu akik Merah Delima tidak ada yang besar. Sesuai dengan namanya, batu akik Merah Delima berwarna merah, yang hanya sebesar biji delima, tetapi memiliki kekuatan magis bagi pemakainya. Konon dikatakan Merah Delima yang dimasukkan ke dalam satu gelas air akan memancar warnanya ke lima gelas yang lain. Sudah pernah mencoba? Terus terang belum. Akik Merah Delima konon akan bisa lari dari pemiliknya jika pemiliknya tidak lagi sayang kepada batu akiknya itu. Oh ya, tentu saja, jika pemiliknya tidak punya uang untuk pembeli susu bagi anak balitanya, maka batu akik Merah Delima pun itu akan dijual kepada siapa yang akan membelinya. Ya, atau untuk membayar uang sekolah anaknya yang sulung. Atau dijadikan mainan anaknya agar sang anak tidak menangis karena kehausan. Ya, tentu saja, batu akik Merah Delima itu tidak akan dapat dijadikan substitusi untuk penggantu susu untuk anaknya yang sedang kehausan. Akhirnya, batu akik Merah Delima itulah yang akan lari dari pemiliknya, untuk diuangkan. Heee.

Nama-nama batu akik terkenal bersama dengan siapa yang memakainya. Bacan terkenal karena konon dipakai oleh Barack Obama, sebagai hadiah dari SBY. Konon batu akik Kalimaya terkenal karena dipakai sebagai liontin oleh Ratu Elizabeth. Pembaca yang mempunyai data yang lebih akurat dapat memberikan tambahan informasi ke dalam tulisan ini dengan mengirimkan ke surel me@suparlan.com. Entah batu akik apa lagi, dan siapa yang memakai. Wallahu alam bishawab.

Nama Batu Akik yang aneh

Pada suatu saat ada banyak ibu yang sedang tertawa terpingkal-pingkal. Mengapa? Ada seorang bapak yang membawa sebongkah batu akik. Batu akik apa itu? Tanya banyak ibu-ibu yang mengerumuni. Bongkahan batu itu masih menjadi bahan mentah. Mungkin sama dengan penemuan batu giok di Kabupaten Nagan Raya, Aceh itu. Tetapi bongkahan itu pun sudah menunjukkan calon batu akik yang memperoleh banyak perhatian bagi calon pembeli batu akik yang sudah gandrung terhadap berbagai jenis batu akik.

Batu akik apa itu? Batu akik dari mana itu? Banyak orang yang mengerumuni bongkahan batu itu menanyakan tidak sabar lagi.

Dengan tenang pembawa bongkahan batu tersebut menjawab pertanyaan yang bertubi-tubi itu.

“Batu akik ini namanya Batu Akik Anti Selingkuh,” katanya dengan tenang.
“Apa ada nama Batu Akik Anti Selingkuh?” tanya kembali para pecinta batu akik tidak sabar lagi.
Dengan tenangnya, pemilik batu akik itu menjelaskan.
“Coba saja ada suami atau istri yang mau selingkuh, lempar saja dengan Batu Akik Anti Selingkuh ini ke kepala atau ke mukanya.” pasti dia tidak akan berani selingkuh lagi, katanya dengan tenangnya.
“Haa haaaa…. Pecinta batu itu pun satu persatu meninggalkan tempat itu, sambil memegang-megang batu akik yang disebut sebagai Batu Akik Anti Selingkuh tersebut.
*) Laman: www.suparlan.com. Surel: me@suparlan.com.
Depok, 29 April 2015

Related Articles

Tak ditemukan hasil apapun.

2 Komentar. Leave new

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Buku

Membangun Sekolah Efektif

Pengantar Ketika Barack Obama secara telak telah memenangi kontes demokrasi di negeri Paman Sam, dan menjadi presiden Amerika…