Buku

Metode-Metode Mengajar, Berdasarkan Klasifikasi Empat Model Pelaksanaan Pembelajaran

532 views
Tidak ada komentar

Oleh Suparlan *)

Penulis pernah menjadi pendamping konsultan P3TK, yakni Prof. Dr. Merion Jenning Rice, seorang guru besar dari Georgia University. Ketika menjadi konsultan itu, beliau menerbitkan satu manual yang isinya menjelaskan tentang berbagai metode mengajar, yang diklasifikasikan dalam empat model pelaksanaan pembelajaran. Penulis pernah diminta untuk menuliskan kembali beberapa tulisan yang ada dalam manual itu. Akhir-akhir ini, beberapa metode mengajar itu pernah penulis tulis kembali dalam artikel-artikel lepas, misalnya (1) Fox Fire: Metode Mengajar Yang Mengasikkan, Menyenangkan, dan Menghasilkan, (2) Diskusi Kelompok, yang dimasukkan dalam website ini.

Terpikirlah kemudian, mengapa manual itu tidak ditulis dalam bentuk buku saja? Itulah sebabnya, penulis telah melakukan kontaks dengan Prof. Dr. Merion Jenning Rice, untuk meminta izin agar manual tersbut dapat ditulis ulang dalam bentuk buku. Penulis memang sering mengadakan kontaks dengan beliau. Bahkan buku pertama penulis, yakni “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” telah diberikan kata sambutan oleh beliau. Kata sambutan itu beliau kirimkan melalui e-mail kepada penulis.

Konsep buku ini memang masih baru mulai ditulis. Tetapi, penulis berharap agar buku itu dapat diwujudkan di masa depan. Kalau tidak tahun 2008, tahun 2009 masih dapat dicapai. Insyaallah.

*) Website: www.suparlan.com; E-mail: me [at] suparlan [dot] com.

Related Articles

Tak ditemukan hasil apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Popular Posts

Other Posts

Puisi

Menuntut Ilmu

MENUNTUT ILMU (LAGU MENANAM JAGUNG)   Oleh: Nuning Purwanti Widiastusi Guru SD Negeri Mekarjaya 11   Ayo kawan…