ArtikelBudaya

Pelbagai Ucapan Selamat Tahun Baru

Oleh Suparlan *)

Everyday is a new life”.
Ya, setiap hari yang kita lalui merupakan hidup baru
(Washington)

Bunyi HP berdering mengiringi pergantian tahun baru, baik hijriyah maupun miladiyah. Kawan-kawan dan kenalan-kenalan telah menyampaikan ucapan selamat tahun baru 1430 Hijriyah dan 2009 Masehi dalam versi yang beraneka ragam. Menjadi kewajiban kita untuk membalasnya sedapat mungkin. Menyampaikan salam kalau tidak salah hukumnya sunah, sedang membalasnya wajib. Tulisan singkat ini akan menjelaskan pelbagai versi ucapan selamat tahun baru yang telah penulis terima pada tahun ini. Barangkali ada guna dan manfaatnya untuk kita jadikan bahan pembelajaran buat kita semua.

Pertama, ”Life is a book. Everyday has a new page. With adventures to tell, things to learn and tales to remember. May You have a good chapter this year. Happy new year”. Ucapan ini berasal dari mahasiswa yang sedang kuliah di satu universitas swasta di Jakarta Selatan. Masih suka-sukanya menggunakan Bahasa Inggris, karena dia memang ambil program studi itu. Penulis tidak cari jejak lebih lanjut, apakah ucapan itu diambil dari mana atau merupakan kreasinya sendiri. Bagus sekali, karena ucapan itu mengingatkan kita agar kita dapat membuat bab-bab yang baik dalam buku kehidupan ini.

Kedua, ”Happy new year. Wish God bless you with happiness in the next year”. Ucapan ini juga berasal dari mahasiswa di universitas swasta itu. Masih kelihatan agak kaku untuk dapat merangkai kata dan kalimat yang bagus. Baginya ini merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk mencoba mengungkapkan dalam Bahasa Inggris.

Ketiga, “As the time goes by, bring us to here and we know … that all the best we’ve been through will be last … HAPPY NEW YEAR, January 2009, hope our dream can be true”. Ucapan ini juga berasal dari seorang mahasiswa yang sedang menempun program studi Bahasa Inggris. Penulis juga belum sempat untuk menelusuri apakah versi ucapan ini merupakan ciptaan sendiri atau hanyalah kutipan dari para penggubah bahasa. Memang, hari kemarin telah berlalu. Hari ini telah menggantikan hari kemarin, dan yang akan datang akan pula menggantikan hari ini. Harapannya adalah agar mimpi-mimpi indah insyaallah akan jadi kenyataan di hari depan.

Keempat, ”Selamat Tahun Baru, 1 Januari 2009. Semoha berkat dan kasih Tuhan selalu beserta kita. Maaf lahir dan batin”. Ucapan ini tentu berasal dari kawan dari NTT yang beragama Nasrani. Istilah berkat dan kasih adalah ucapan yang sering dikemukakan dalam ritual peribadatannya.

Kelima, ”Ya Allah, muliakanlah Saudaraku yang membaca pesan ini. Bahagiakanlah keluarganya, wujudkanlah impiannya, berkahilah rezekinya, sehatkanlah jasmaninya, kuatkanlah imannya, tinggikan derajatnya, eratkan tali persaudarann kami, dan kabulkan do’anya. Dalam memasuki tahun baru, mohon maaf jika ada khilaf dan salah”. Ucapan ini lebih panjang, karena lebih banyak do’a yang dipanjatkan. Terakhir, permohonan maaf menjadi penutup dari ucapan tersebut.

Keenam, ”Jika berkata lembut dapat didengar mengapa harus berteriak; jika tersenyum dapat menyenangkan kenapa harus cemberut; jika saling memberi dapat mempererat persahatan kenapa harus ditolak; jika kebersamaan dapat membahagiakan kenapa harus diputus; jika kebaikan, kejujuran, kasih sayang, pengertian, kelembutan, kesabaran, disiplin, rajin, dan suka membantu disukai orang kenapa kita tidak melakukannya; jika kejelekan, kebohongan, kesombongan, kemarahan, egois dan jealous tidak disukai orang kenapa kita tidak tinggalkan. Now, time to hijrah, time to change, time to divide without LOVE karena Allah. Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1430 H. Semoga Allah jadikan hari ini lebih baik daripada hari kemarin, dan tahun inijauh lebih baik dari tahun kemarin”. Ucapakan ini sangat panjang, dan juga sangat religius. Campuran Bahasa Indonesia dan Inggris.

Ketujuh, “Selamat Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1430 H. Semoga kita dapat menghijrahkan segala sesuatu dalam diri kita menjadi lebih baik dan lebih benar”. Ucapan ini memang khusus untuk tahun baru hijriyah. Sangat sederhana dan mudah dimengerti.

Kedelapan, “Selamat memasuki Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1430 H dan Tahun Baru Masehi/Miladiyah 1 Januari 2009. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan, kekuatan, kemudahan, rezeki, dan semangat ukhuwah Islamiah dilandasi niat suci, ikhlas, dalam pengabdian kepada bangsa, negara, dan agama Islam, serta dalam kasih sayang Allah SWT. Amin”. Pasti ini merupakan versi ucapan seorang tokoh Muslim. Ucapan tersebut memang mengandung do’a, di samping sebagai motivasi diri dan sesama Muslim.

Akhir kata, ucapan Selamat Tahun Baru memang banyak versinya. Kita dapat menggubah sendiri untuk kepentingan sendiri maupun orang lain. Ucapan selamat tahun baru itu pastilah berisi do’a dan harapan, di samping sebagai alat motivasi diri sendiri dan sesama kita, baik sebagai warga negara maupun sesama kolega, dan terlebih lagi sesama agama. Mudah-mudahan Tahun Baru pada tahun ini, baik Hijriyah maupun Miladiyah, Allah senantiasa memberikan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin.

*) Website: www.suparlan.com; E-mail: me [at] suparlan [dot] com.

Depok, 1 Januari 2009

3 thoughts on “Pelbagai Ucapan Selamat Tahun Baru

    1. Sayang pada tahun baru kali ini, baik Hijriyah maupun Miladiyah belum juga saya terima. Mudah-mudahan minggu-minggu ini insyaallah ada yang berkenan mengirimkan ucapan yang pada hakikatnya do’a dan motivasi itu. Selamat Tahun Baru Hijriyah dan Miladiyah pada Bulan Januari mendatang. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan berkah kepada kita. Do the best. Quality is everyone’s responsibility. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *