ArtikelDunia Islam

Tentang Keutamaan Surah Al Fatihah

179 views
1 Komentar

Sering kali kita, muslim selalu membaca al Fatihah di setiap kegiatan. Dari kita ingin memulai awal membaca Quran Dzikir dan yang lain-lain yang bersifat keagamaan. Namun aktivitas sehari-hari kita pun terkadang membaca surat al fatihah. Mengapa demikian?

Al-Fatihah adalah nama surah pertama dalam Alquran, sekaligus induk atau ibunya Alquran (Ummul Qur’an). Selain itu, surah al-Fatihah merupakan surah yang mempunyai banyak keistimewaan Selain dinamai al-Fatihah, surah ini juga mempunyai nama-nama lain seperti Assab’ul al-Matsani (tujuh yang diulang), Al-Wafiyah (yang sempurna), Asy-Syafiyah (yang menyembuhkan), dan Asy-Syifa’ (obat).

As Sab’ul Matsani

Arti dari As Sab’ul Matsani adalah tujuh (ayat) yang diulang-ulang. Nama ini selain disebutkan dalam hadis yang telah disebutkan di atas, juga disebutkan dalam ayat berikut (yang artinya):

Dan sungguh Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang berulang-ulang dan Al Qur’an yang agung” (QS. Al Hijr : 87).

Di antara penjelasan kenapa disebut sebagai tujuh ayat yang diulang-ulang adalah karena surat Al Fatihah dibaca diulang-ulang di setiap rakaat solat.

Al-Wafiyah (lengkap). Oleh karena itu surah Al-Fatihah tidak boleh dibaca setengah-setengah di dua rakaat menurut jumhur ulama’, harus dibaca lengkap satu surah di setiap rakaat.

Asy Syifa bermakna penawar. Nama ini diambil dari sebuah hadis yang diriwayatkan di dalam sunan Ad Darimi dari sahabat Abu Sa’id Al Khudri secara marfu’, dikatakan:

“Al Fatihah sebagai syifa (penawar) dari segala racun” (HR. At Tirmidzi no.2878 dan Al Hakim dalam Al Mustadrok 2/259).

Dari nama-nama inilah kita mengetahui jika Al Fatihah memiliki arti yang luar biasa, dari segi keuutamaannya. Serta ada makna yang terkandung didalam surat Al Fatihah adalah munajat hamba kepada Allah SWT oleh karena nya banyak dari kita memfavoritkan doa Al Fatihah. Karena berharap semoga dilancarkan dan diberkahi dalam kegiatan sehari-hari.

 

Related Articles

Tak ditemukan hasil apapun.

1 Komentar. Leave new

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Popular Posts

Other Posts

Artikel

Lembaga Pendidikan Bestari

  *** Sesungguhnya setetes air hujan itulah yang lama-lama menjadi seluas samurdera (Anoname) Jika hujan adalah kegagalan, dan…