Al-Quran

Arti As-Sab’ul Matsani  dan Keutamaan Surat Al Fatihah

196 views
Tidak ada komentar

As-Sab’ul Matsani adalah nama lain dari surat Al Fatihah. Dinamakan demikian karena surat ini terdiri dari tujuh ayat yang selalu dibaca berulang-ulang dalam shalat. Kata As-Sab’ul Matsani berasal dari dua kata bahasa Arab, yaitu:

  • Sab’an (tujuh)
  • Matsani (diulang-ulang)

Jadi, As-Sab’ul Matsani berarti “tujuh yang diulang-ulang”. Hal ini mengacu pada kenyataan bahwa surat Al Fatihah adalah surat yang paling sering dibaca oleh umat Islam, terutama saat shalat.

Penanggalan As-Sab’ul Matsani disebutkan dalam Al Quran surat Al Hijr ayat 87:

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

Artinya: “Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu (Muhammad) Al Kautsar. Maka sembahlah Rabbmu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang yang membencimu dialah yang terputus.”

Pada ayat ini, Allah SWT berfirman bahwa Dia telah memberikan kepada Nabi Muhammad SAW tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Quran yang agung. Ayat-ayat yang dibaca berulang-ulang itu adalah surat Al Fatihah.

Surat Al Fatihah merupakan surat yang paling banyak dibaca di dunia. Setiap kali salat, surat ini dibaca sebanyak lima kali. Jika dihitung dalam setahun, maka surat ini dibaca sebanyak 365 x 5 = 1825 kali.

Keutamaan Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah juga memiliki banyak keutamaan. Di antaranya, surat ini adalah surat yang wajib dibaca dalam shalat. Rasulullah SAW bersabda:

Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca Ummul Quran (Al Fatihah)” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut keutamaan-keutamaan lainnya dari Surat Al-Fatihah:

1. Menjadi obat segala penyakit. 

Surat Al-Fatihah disebut sebagai as-Syifa yang berarti obat. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

Setiap penyakit ada obatnya, dan setiap penyakit ada obatnya di dalam Al-Qur’an.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Menolak bala dan musibah. 

Surat Al-Fatihah juga bisa menolak bala dan musibah. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi:

Barang siapa yang membaca surat Al-Fatihah di pagi hari, maka ia akan dilindungi dari segala keburukan hingga sore hari. Dan barang siapa yang membacanya di sore hari, maka ia akan dilindungi dari segala keburukan hingga pagi hari.” (HR. Tirmidzi)

3. Mendatangkan rezeki yang halal. 

Surat Al-Fatihah juga bisa mendatangkan rezeki yang halal. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

“Barang siapa yang membaca surat Al-Fatihah 70 kali setiap hari, maka Allah akan melapangkan rezekinya dan memudahkan segala urusannya.” (HR. Ahmad)

4. Menenangkan hati dan pikiran. 

Surat Al-Fatihah juga bisa menenangkan hati dan pikiran. Hal ini karena Surah Al-Fatihah berisi tentang pujian kepada Allah SWT, permohonan ampun, dan permohonan petunjuk.

5. Menambah ilmu dan hikmah. 

Surat Al-Fatihah juga bisa menambah ilmu dan hikmah. Hal ini karena Surah Al-Fatihah berisi tentang berbagai macam ilmu tentang Allah SWT dan tentang kehidupan.

6. Mendapat syafaat di hari kiamat. 

Surat Al-Fatihah juga bisa menjadi syafaat di hari kiamat. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

Tidak ada seorang pun yang membaca surat Al-Fatihah di dalam salatnya, kecuali Allah akan memberikan syafaat kepadanya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Dikabulkan segala hajat. 

Surat Al-Fatihah juga bisa dikabulkan segala hajatnya. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi:

Barang siapa yang membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlas, kemudian berdoa dengan doa apa pun, maka doanya akan dikabulkan.” (HR. Tirmidzi)

8. Dimudahkan segala urusan. 

Surat Al-Fatihah juga bisa dimudahkan segala urusannya. Hal ini karena Surah Al-Fatihah berisi tentang permohonan petunjuk kepada Allah SWT.

9. Dilindungi dari godaan setan

Surat Al-Fatihah juga bisa dilindungi dari godaan setan. Hal ini karena Surah Al-Fatihah berisi tentang tauhid dan tentang penyerahan diri kepada Allah SWT.

10. Mendapat kemuliaan di sisi Allah.

Surat Al-Fatihah akan membuat orang yang membacanya mendapatkan kemuliaan di sisi Allah. Hal ini berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang artinya:

Barang siapa yang membaca Al-Fatihah dan An-Nas, maka Allah akan memuliakannya di dunia dan akhirat.”

11. Sebagai Induk Al-Quran. 

Rasulullah SAW bersabda:

Surat Al-Fatihah adalah ummul kitab (induk Al-Qur’an), ia adalah tujuh ayat yang mengulang-ulang, dan Al-Qur’an diturunkan dengan tujuh ayat tersebut.” (HR. Al-Bukhari)

12. Menjadi amalan yang tidak akan terputus pahalanya. 

Pahala membaca surat Al-Fatihah akan terus mengalir kepada seseorang, bahkan setelah ia meninggal dunia. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad saw:

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Itulah arti dari As-Sab’ul Matsani yang merupakan nama lain dari Surat Al Fatihah dan surat Al Fatihah memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, kita sebagai umat Islam hendaknya selalu membaca dan mentadaburi surat Al Fatihah. Dengan demikian, kita akan mendapatkan banyak keutamaan dan manfaat dari surat ini.

Sumber:

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6338395/al-fatihah-disebut-as-sabu-al-matsani-apa-maksudnya

https://kumparan.com/berita-hari-ini/arti-as-sabul-masani-salah-satu-nama-lain-surat-al-fatihah-1yqRKiJBMTo

https://radarutara.disway.id/read/651521/15-keutamaan-surat-al-fatihah-sebagai-pembuka-pintu-rezeki-meninggikan-derajat-dan-melunaskan-hutang

https://www.orami.co.id/magazine/keutamaan-surat-al-fatihah

Tags: As-Sab'ul Matsani, Surat Al Fatihah

Related Articles

Tak ditemukan hasil apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Popular Posts

Other Posts

Puisi

Teacher

Teacher! Teacher! Look over here At the picture that I drew… It’s a hug and a kiss, Teacher…