Buku

PAKEM: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan

156 views
75 Komentar
PAKEM: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan

Oleh: Suparlan

Banyak guru yang ingin menerapkan pendekatan pembelajaran PAKEM ini. Namun, mereka kesulitan untuk memperoleh acuan yang siap pakai. Untuk memenuhi permintaan tersebut, penulis dengan berkolaborasi dengan pakar dalam bidang pembelajaran, mencoba untuk menulis buku bertajuk “PAKEM: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.” Buku ini akan disusun dalam dua seri. Buku pertama, landasan teoritis. Buku kedua, penerapannya, khususnya dalam rangka pelaksnaan KTSP. Konsep buku ini sudah selesai disusun.

Buku ini dapat diperoleh di Gramedia, Gunung Agung dan toko buku lainnya.

Silakan menghubungi Publisher Genesindo untuk mendapatkan buku.

Related Articles

Tak ditemukan hasil apapun.

75 Komentar.

  • Pak ini email saya…
    Boleh maya minta manuskrip nya pak ,,,,,,
    Email: cutfitrihalida11@gmail.com
    terimakasih

  • Nalurita Rinzani
    Rabu, 25 Nov 2015 04:05:54

    salam pak , saya mahasiswa bahasa inggris , ingin tanya soal PAKEM approach itu lebih tepat dipakai untuk Skill apa ? speaking and writing atau reading dan listening ? lalu pendekatan ini cocok dijenjang sekolah apa ? SD, SMP atau SMA ? thanks.

    • You can use all competences, all domains of educational objectives. Also can use for all level of education, especially for basic and secondary education. Do the best. Best regards.

  • pak,,, boleh saya bertanya, pendekatan/model/pembelajaran PAKEM ada langkah-langkahnya gk pak? soalnya saya sudah mencari disetiap buku model-model pembelajaran maupun jurnal yang ada kaitannya dengan PAKEM tapi tidak saya temukan langkah-langkah PAKEM.?
    mohon bantuannya pak,, karena dosen pembimbing saya meminta saya untuk mencantumkan langkah-langkah PAKEM di BAB II skripsi saya,,,
    Terimakasih pak,, Wasssalam,, 🙂

  • slamat siang saya teguh , saya sedang menyusun skripsi ni pak, saya butuh buku pakem gimana ya biar saya bisa dapat buku itu, karena saya butuh banget. trimakasih

  • Pak saya sedang mencari buku PAKEM ini untuk
    keperluan proposal skripsi saya, tp sudah saya cari di toko-toko buku, saya tdk dapat Pak. Apa sdh tdk diterbitkan lagi ya Pak? Tolong saya dong Pak, fotokopiannya jg boleh Pak, saya sangat membutuhkannya.

  • maaf pak saya mau tanya, bapak punya buku tentang metode giving question and getting answer gak saya sangat butuh buku to pak, mohon bantuanya, terimakasih..

  • maaf pak saya mau tanya, saya masih bingung dengan PAKEM itu sendiri, saya sedang membuat tugas akhir yang berhubungan dengan PAKEM, tetapi saya bingung, apakah PAKEM juga bisa disebut sebuah Model pembelajaran? karena saya mengambil PAKEM adalah sebuah model pembelajaran,
    kalau iya langkah-langkahnya itu seperti apa ya pak?
    mohon bantuannya, terimakasih

    • Yang lebih tepat disebut sebagai pendekatan (learning approach), karena PAKEM atau CBSA atau sejenisnya seperti SAL (student active learning) atau JAL (joyful active learning) itu termasuk bagaimana melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Jadi itu pendekatan. Memang ada tumpang tindih pengertian antara model, strategi, pendekatan, metode, teknik dalam pembelajaran. Tetapi untuk CBSA dan semacamnya termasuk dalam kategori pendekatan. Bukan model, bukan pula metode. Memang model ada langkah-langkahnya. Tetapi untuk pendekatan, ya dua saja, kalau tidak melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, ya guru yang lebih aktif.

  • riana paramitha
    Jumat, 13 Mar 2015 04:03:02

    maaf pak baru balas,.email saya pak riri_rianaparamitha@yahoo.co.id
    terimakasih banyak pak atas bantuannya.

  • Kirim alamat lengkap, biar saya kirimkan kopinya ya? Tapi masih Senin nanti. OK? See you, nice to study for your research paper.

  • riana paramitha
    Rabu, 7 Jan 2015 08:40:54

    bagaimana cara menghubungi penerbitnya ya pak?potocopian dari bapak juga gpp pak buat referensi skripsi saya..saya belum mendapatkan buku tentang PAKEM..mohon bantuannya pak,terimakasih

  • maaf , ini Bapak Suparlan,M.Ed dosen kurikulum FKIP Univ.Tama Jagakarsa ya?

  • riana paramitha
    Selasa, 6 Jan 2015 04:08:28

    pak saya sedang mencari buku PAKEM ini untuk keperluan skripsi saya..apakah bapak masih punya?atau dimana saya bisa membelinya

  • Halo kk, k saya Ade, k saya ingib memesan buku PSKEM secara online, caranya gimana ya k ? Thanks

  • Bpa’ msh punya buku PAKEM ..?

  • Bisa tidak kalau kita ambil judu joyful learning , referensinya pakai buku PAKEM. ?

    • JAL (joyful active learning), SAL (student active learning), CBSA (cara belajar siswa aktif), dan PAKEM atau juga PAIKEM, sebenarnya sama. Semuanya merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada aktivitas dalam proses pembelajaran, dan pembelajaran yang menyenangkan. Trims.

  • Ass.. Mass sy mau pesan buku PAKEMnya..

  • Bu Nina tinggal di mana? Kalau di Bandung, buku itu sebenarnya diterbitkan oleh PT Genesindo Bandung. Saya sendiri punya tinggal satu eksemplar buku untuk arsip. Gimana saya bisa membantu Anda ya?

  • assalamualaikum,
    Pak, saya sangat butuh buku PAKEM ini untuk salah satu tugas semester saya. bisa saya pesan? atau ada terbitan terbarunya buku lain tentang PAKEM, soalnya di toko buku terdekat sangat susah untuk mencari buku PAKEM..
    *mohon bapak bisa membantu…
    #terimakasih

    • Suparlan Abdulbasir Salim
      Jun 21, 2014 @ 12:57:38

      Bu Nina tinggal di mana? Kalau di Bandung, buku itu sebenarnya diterbitkan oleh PT Genesindo Bandung. Saya sendiri punya tinggal satu eksemplar buku untuk arsip. Gimana saya bisa membantu Anda ya?

  • Tujuh langkah dalam sequential learning model itu kalau disingkat sama saja dengan tiga standar proses dalam Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yaitu 1) Kegiatan Pendahuluan, 2) Kegiatan Inti, dan 3) Kegiatan Penutup. Tiga kegiatan itu kalau dijabarkan menjadi: 1) anticipatory set adalah ice breaking yang juga dikenal dengan appersepsi atau disebut set induction, 2) statement of objectives tidak lain adalah TIK, 3) instructional input tidak lain adalah keterlibatan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, 4) modelling artinya guru memberikan contoh, menjelaskan konsep, dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, 5) checking for understanding artinya menjelaskan jika masih ada konsep yang belum difahami seluruhnya, 6) guided practice artinya memberikan kesempatan kepada siswa bukan hanya memahami konsep, tetapi dapat mempraktikkannya, 7) independence practice artinya siswa akhirnya dapat secara mandiri untuk menerapkan atau mempraktikkannya sendiri. Demikian. Salam.

  • ass……..
    maaf pak menggangu, pak saya aben di palembang, saya mahasiswa semester 8, pak saya mau tanya tentang buku PAKEM yang bapak tulis mengenai squential learning model, didalam buku PAKEM hanya ada langkah-langkahnya saja yang dijelaskan. saya mengangkat judul skripsi saya dengan metode tersebut, akan tetapi saya mendapat kendala, dimana saya diminta untuk memperbaiki tentang teori-teorinya dan pak apakah cocok model pembelajarn tersebut pada mata pelajaran fisika? . saya mohon pencerahan dari bapak tentang buku yang menjelaskan squential learning model tersebut tolong pak penjelasannya.
    terima kasih
    wasalam wr..wb

  • pak, saya mau pesan pak. msih bisa pak? oiya dalam buku ini ada tahapan/prosedur pelaksanaan pakem tdk pak? tolong dibalas ya pak trims

  • tidak pak terima kasih,
    soalnya jurusan kuliah saya bahasa inggris, bukan IPA,IPS. jadi nanti penelitiannya bahasa inggris.
    yasudah, makasih ea pak….

  • jika ada saya ingin memesannya dengan cara online saja pak,
    terimakasih.

    • Kalau belum bisa menemukan juga, bisa dikirimkan kepada saya e-mail Anda agar saya bisa mengirimkan artikel tsb. Salam.

      • oooh begitu ya pak,
        kalau artikelnya saya sudah punya pak,
        jika semacam jurnal tentang strategi pembelajaran foxfire apakah bapak punya..?
        sebelumnya terimakasih atas perhatiannya,

        • Saya punya dokumen lama berjudul Modul-Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Kurikulum dan Pengajaran, oleh Prof. Dr. MJ. Rice, Konsultan IPS, Proyek P3TK-A, Penerjemah Drs. Rumbilan Soepadi dan Dra. Priambidi Sasmidi, 1986. Jika Anda memerlukan, bisa saya kopikan, kirim alamat lengkap dan akan saya kirim via TIKI. Makasih dan maaf.

  • selamat pagi pak,
    saya ingin bertanya, apakah bapak mempunyai buku yang membahas lengkap tentang strategi pembelajaran foxfire? saya sangat membutuhkan buku itu untuk referensi skripsi saya pak. saya sudah dikejar deadline untuk menyerahkan referensinya pak. mohon bantuannya, terimakasih.

  • Makasih mas. Penerbit itu sudah lama nggak kontek dengan saya. Biar saya coba konteknya. Naskah buku PAIKEM, genre baru PAKEM, sudah saya kirim ke salah satu penerbit Yogyakarta. Tapi belum tahu apa bisa diterbitkan apa nggak. Ngerjakannya memang dikebut. Makasih.

  • ass…………..
    pak ini saya monaria mahasiswi pgri Palembang, yang menelpon bapak tadi. pak saya mau beli buku itu tapi untuk di palembang stoknya habis bisakah saya memesan sama bapak karena saya sangat membutuhkan buku itu pak untuk seminar proposal saya, saya mohon batuan bapak_pak.
    terimakasih pak

    • Mbak Monaria, bila stok masih ada, buku dapat dipesan melalui e-mail dengan melakukan prosedur sebagai berikut: https://suparlan.org/cara-pemesanan-buku. Terima kasih.

      • ia mas terima kasih infonya.
        tapi untuk mengetahui/melihat buku itu masih ada atau tidak itu dimana ya mas, dan jika masih ada saya mau pesan 1, yang judul bukunya pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan karena di dalam buku itu terdapat judul sktipsi saya yang berjudul penerapan squential learning model. tolong infonya mas terima kasih.

  • Coba dicek di toko-toko buku itu. Penerbitnya PT Ganesindo Bandung. Stok di rumah habis. Maaf atas kesulitan ini. Tlp. 0227567826. Tks.

  • rifqi indo permana
    Selasa, 14 Mei 2013 22:15:05

    pak saya ini semorang siswa Sugar Group di lampung tengah perusahaan perkebunan tebu, seandainya saya keluar pergi kekarang dimanakah saya bisa membeli nuku ini…? adakah di gramedia..? saya butuh sekali karena untuk bahan invention saya. salam.

  • pak sekedar ngingetin, saya hari senin ke kantor bapak..

  • saya mungkin kesana tanggal 25 februari besok pak

  • Setiap hari kerja saya masuk seperti pegawai biasa, dari Senin sampai Jum’at, kecuali ada tugas keluar atau ngajar. Saat ini masih libur semester, jadi nggak ke kampus. Salam.

  • setiap hari kerja apakah bapak ada disana ? mohon info kapan saya bisa bertemu langsung

  • Model itu, sekali lagi, sesungguhnya merupakan siklus proses pengajaran dan pembelajaran, mulai dari appersepsi sampai dengan refleksi, atau mulai dari membukan pengajaran dan pembelajaran sampai dengan menutupnya untuk meminta kepada peserta didik untuk mengambil butir-butir kesimpulannya. Jadi, model itu untuk mata pelajaran apa saja, termasuk matematika. Jika dapat ke Ditjen Dikdas, Anda langsung ke Gedung E Lantai 5, dengan naik lift sampai di lantai 5 terus tanya ke satpam yang ada di depan pintu, tanya nama saya, akan diantarkan untuk menemui saya. Demikian. Salam,

  • oh iya pak saya mau tanya , sequential learning model itu cocok tidak dipakai di pelajaran matematika ? mohon penjelasannya

  • kalau saya ke ditjen dikdas, bagaimana saya bisa berhubungan agar bertemu langsung dengan bapak ? atau mungkin ada jejaring sosial bapak yg bisa saya hubungi setiap waktu ?

  • saya di lampung pak, waduh bingung juga saya pak …

  • di dalam buku PAKEM disebutkan bahwa sequential learning tsb, dijelaskan di buku “Principple ……” yang dikarang W. Hughes dkk. dimana saya bisa mendapatkan buku tsb pak, sedangkan di toko buku tidak ada yang menjual

  • terima kasih pak atas pencerahannya .. 🙂

  • terimakasih sebelumnya pak atas jawabannya. apakah ada referensi lain untuk sequential learning tersebut ?

    • Tentu saja yang utama adalah daftar pustaka yang ada dalam buku itu, termasuk buku tulisan saya bertajuk Menjadi Guru Efektif dan Guru Sebagai Profesi. Ketiganya sebanarnya trilogi yang saling kait mengait. Untuk menambah referensinya, cobalah minta tolong Paman Google. Heeee.

  • MOHON PAK DIBALAS COMENT SAYA, KARNA SAYA TINGGAL SIDANG SAJA, TERGANGGU DENGAN TEORI-TEORI YANG KURANG

    • Sequential learning model yang terdiri atas 7 langkah kegiatan pengajaran dan pembelajaran tersebut sebenarnya merupakan satu siklus pembelajaran. 1) anticipatory set adalah ice breaking yang juga dikenal dengan appersepsi atau disebut set induction, 2) statement of objectives tidak lain adalah TIK, 3) instructional input tidak lain adalah keterlibatan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, 4) modelling artinya guru memberikan contoh, menjelaskan konsep, dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, 5) checking for understanding artinya menjelaskan jika masih ada konsep yang belum difahami seluruhnya, 6) guided practice artinya memberikan kesempatan kepada siswa bukan hanya memahami konsep, tetapi dapat mempraktikkannya, 7) independence practice artinya siswa akhirnya dapat secara mandiri untuk menerapkan atau mempraktikkannya sendiri. Demikianlah. Mudah-mudahan bermanfaat. Amin.

  • ass. pak saya mau tanya tentang buku PAKEM yang bapak tulis mengenai squential learning model, didalam buku PAKEM hanya ada langkah-langkahnya saja yang dijelaskan. saya mengangkat judul skripsi saya dengan metode tersebut, akan tetapi saya mendapat kendala, dimana saya diminta untuk memperbaiki tentang teori-teorinya. saya mohon pencerahan dari bapak tentang buku yang menjelaskan squential learning model tersebut. mohon bantuannya pak.

    • ass. maaf kak mengganggu kak saya mona di palembang, saya mahasiswi semester 7, saya juga mengangkat judul skripsi saya dengan model tersebut, tetapi di toko buku palembang itu tidak ada stok lagi dan tidak bisa memesan, kak kalau boleh bisakah saya membeli buku yang ada sama kakak, saya mintak tolong sekali kak karena saya untuk seminar proposal skripsi……
      mohon batuan kakak kak.
      wasalammualaikum wr……..wb

    • Saudaraku, selain saya harus mengontaks penerbitnya, saya paling bisa memfoto kopinya, karena stok yang ada pada saya tinggal satu lagi hanya untuk arsip pribadi. Saya akan coba usahakan kedua cara tersebut. Alamat Saudara? Tlg e-mailkan segera. Salam.

      • alamat saya pak: jalan letnan murod, lorong kemiri. nomer rumah: 1272. kode pos : 30153.
        km: 5, palembang.
        saya mohon pak bantuan bapak secepatnya karena saya sangat membutuhkan buku itu pak, terimakasih pak.

        • pak saya mohon sama bapak untuk dikirimkan buku itu secepatnya, foto copy tidak apa_apa pak, yang penting saya mempunyai buku itu dan bagaimana cara saya untuk menghubungi bapak, pak seandainya buku itu sudah bapak kirim saya harus membayarnya lewat apa.?
          terimah kasih pak saya mohon bantuan bapak.
          dan model squential learning itu cocok tidak di pelajaran fisika pak..???

        • Saya sudah mengirim beberapa email ttg pemesanan buku PAKEM kepada Anda (monaria.putrijaya@yahoo.com) tapi tidak pernah dibalas. Tks.

Komentar ditutup.

Popular Posts

Other Posts