ArtikelPendidikan

Langkah-langkah Singkat Membuat Daftar Isi Otomatis (Microsoft Office)

26 views
Tidak ada komentar

Oleh Suparlan *)

Ngelmu iku kalakoning kanthi laku. Ilmu itu terlaksana dengan tindakan
(Pepatah Jawa Lama)

Perjalanan 1000 mil dimulai oleh satu langkah
(Pepatah Cina Kuno)

Pertama, kita bentuk kebiasaan-kebiasaan kita.
Setelah itu, kebiasaan-kebiasaan itulah yang akan membentuk kita
(John C. Maxwell)

Oleh karena masih banyaknya pertanyaan tentang cara membuat daftar isi otomatis untuk makalah, tesis, atau untuk kepentingan menulis buku, maka penjelasan singkat ini dapat digunakan sebagai panduan. Perlu saya jelaskan bahwa cara ini sebenarnya menggunakan perangkat yang telah tersedia di dalam komputer. Kita hanya tinggal ‘ngeklik’ saja. Komputer yang saya gunakan masih menggunakan Microsoft Office 2003. Namun demikian, untuk yang menggunakan Microsoft Office 2007 atau yang lainnya, saya sarankan Anda menyesuaikan dengan petunjuk yang tersedia dalam komputer tersebut.

Secara singkat, langkah-langkah untuk membuat daftar isi (table of content) otomatis adalah sebagai berikut:

Pertama, sudah tentu Anda mau, sedang, atau bahkan sudah selesai menulis makalah atau sejenisnya. Kalau tidak, untuk apa Anda membuat daftar isi otomatis?

Kedua, bukalah STYLES AND FORMATTING. Komputer akan menampilkan berbagai fitur tentang styles and formatting seperti: clear formatting, bold, dan sebagainya, termasuk Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan seterusnya.

Ketiga, nah buka tulisan Anda. Lalu blod tulisan yang akan Anda masukkan dalam daftar isi otomatis tersebut. Misalnya: silahkan bold Kata Pengantar, lalu ”klik” heading 1.  Silahkan semua yang akan dijadikan heading 1, dilakukan cara yang sama. Misalnya: Daftar Isi, Bab I, Bab II, dan seterusnya, semua dilakukan cara seperti itu. Mudah kan?

Keempat, cara yang sama untuk subab-subbab yang akan dijadikan heading 2, dan bahkan jika ada sub-subbab-sub-subbab yang akan dijadikan heading 3. Tetapi kalau saya hanya sampai heading 2 saja. Tidak perlu sampai heading 3. Saya ingkatkan, caranya adalah (1) bold subbab dalam tulisan Anda, (2) klik saja heading 2 yang ada dalam fitur (biasanya ada di bagian sebelah kanan komputer Anda).

Kelima, lakukan langkah yang sama untuk semua yang akan Anda masukkan dalam daftar isi, seperti: (1) daftar buku atau referensi, (2) lampiran, dan sebagainya.

Nah, selesailah langkah-langkah awal ini. Lalu langkah berikutnya adalah memasukkan dalam daftar isi. Anda telah melakukan langkah yang sama dengan Kata Pengantar, Bab I, Bab II, dan seterusnya, bukan? OK. Sekarang krusor Anda silahkan letakkan di bawah Daftar Isi tersebut. Dua langkah terakhir berikut ini adalah:

Pertama, klik ”INSERT”. Keluarlah beberapa alternatif seperti: break, page number, symbol, REFERENCE, dan sebagainya. Maka kliklah yang REFERENCE. Maka keluarlah footnote dan sebagainya. Yang Anda klik adalah INDEX AND TABLE, dan keluarlah INDEX, TABLE OF CONTENT, dan sebagainya. Yang Anda klik adalah TABLE OF CONTENT, dan akan keluarlah pertanyaan ”Do you want to replace table of content?”, maka kliklah YES. Setelah ini maka keluarlah daftar isi yang Anda minta sesuai dengan LIMA LANGKAH tahap pertama sebelumnya.

Kedua, langkah ini adalah langkah editing, apakah ada Bab, atau Subbab yang belum masuk ke dalam daftar isi yang Anda minta, termasuk referensi sampai dengan lampiran yang perlu Anda munculkan dalam daftar isi. Kalau belum, silahkan lakukan LIMA langkah pada tahap pertama, laku lanjutkan dengan DUA langkah pada tahap kedua. Kalau sudah maka selesailah pekerjaan Anda. SUKSES!!!!

Demikianlah penjelasan singkat saya, mudah-mudahan dapat mudah diikuti. Inilah teori, dan akan jauh lebih mudah apabila teori itu langsung dipraktikkan di depan komputer Anda. Mudah-mudahan SUKSES. Jika belum, coba ulangi LIMA dan DUA langkah yang telah saya jelaskan tersebut. Kalau juga belum berhasil, Anda boleh tanyakan kepada saya melalui e-mail saya dengan senang hati saya akan membantu Anda.

*) Website: www.suparlan.com; E-mail: me [at] suparlan [dot] com.

Jakarta, 31 Maret 2010.

Related Articles

Tak ditemukan hasil apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Popular Posts

Other Posts