ArtikelBudayaBukuPendidikan

www.masdik.com. Membangun Portal Pendidikan, Kenapa Tidak?

39 views
Tidak ada komentar

Anak saya, Arif Hidayat, telah berhasil membuatkan laman (website) untuk saya bertajuk http://www.suparlan.com. Laman ini telah berjalan dengan lancar. Banyak pengguna yang telah memanfaatkan laman ini untuk berbagai tujuan. Seorang mahasiswa STKIP Lampung, telah memperoleh informasi tentang PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) dari laman ini. Mahasiswa yang namanya Sulis Mahartika, dipanggil Tika, sedang menulis skripsi. Mahasiswa yang kreatif ini telah menemukan informasi tentang “sequential teaching and learning” dari laman www.suparlan.com.

Pada tanggal 25 Februari 2013 ini, mahasiswa yang pantang menyerah ini telah menemui saya di kantor saya, Gedung E Lantai 5 Bagian Perencanaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kompleks Kementeiran Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan Jakarta. Dalam pertemuan yang amat singkat, mahasiswa ini telah melakukan konsultasi dengan saya, dan meminjam buku sumber yang saya gunakan untuk menulis. Alhamdulillah, laman saya telah bermanfaat, insyaallah bagi banyak orang melalui dunia maya. Hasil karya anak saya tersebut, ternyata tidak membuat anak saya berhenti berkarya. Anak saya mengusulkan kepada saya agar saya memiliki portal pendidikan. Untuk apa portal pendidikan itu, kalau saya telah memiliki website yang dapat saya katakan sudah dapat berjalan dengan lancar. Bahkan ada beberapa pihak yang ingin bekerja sama untuk sharing dalam menggunakan website terseebut. Itulah pertanyaan dalam hati saya. Sebelum pertanyaan itu saya kemukakan kepadanya, ternyata anak saya telah memberikan jawabannya dengan menjelaskan bahwa portal pendidikan itu nanti akan dapat digunakan sebagai media komunikasi interaktif antara saya dengan pengguna laman, dan juga antara sesama pengguna jasa portal pendidikan. Dengan melalui layanan portal pendidikan ini, masyarakat pendidikan (educational society) akan dapat berkomunikasi secara efektif dengan menggunakan jasa portal pendidikan. Nama Portal Pendidikan dan Substansi Utamanya Ketika saya ditanya tentang nama portal pendidikan yang akan dibangun, saya telah mengusulkan banyak alternatif nama yang bagus-bagus seperti pelangi, bestari, caraka, dan masih banyak nama lainnya. Namun setelah anak saya menjelaskan tujuan utama pembangunan portal pendidikan ini, maka disepakatilah nama yang singkat tetapi mempunyai kandungan makna yang sesuai, yakni www.masdik.com, karena dengan protal ini masyarakat pendidikan dapat berkomunikasi dengan lebih efektif. Bahkan saya telah mengusulkan agar hal-hal yang akan dikomunikasikan oleh masyarakat pendidikan melalui portal ini akan dikategorikan dalam 10 substansi sebagai berikut:
1. DP, singkatan dari dasar pendidikan, tujuan, dan teori, serta konsep pendidikan;
2. PD, singkatan dari peserta didik, siswa, atau mahasiswa dalam lembaga pendidikan;
3. PG, singkatan dari pendidik, guru, dan tenaga kependidikan lainnya;
4. KB, singkatan dari kurikulum dan bahan ajar;
5. PS, singkatan dari prasarana dan sarana pendidikan;
6. LP, singkatan dari lingkungan pendidikan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosekpolbud;
7. PP, singkatan dari proses pengajaran dan pembelajaran;
8. EP, singkatan dari evaluasi pendidikan, termasuk ujian akhir; ‘
9. KP, singkatan dari keluaran pendidikan (educational output); dan
10. HB, hasil belajar (educational outcomes).

Kesepuluh kategori portal tersebut disebut sebagai forum, karena komunikasi semua arah yang berlangsung dalam portal ini akan menggunakan forum tersebut.

Contoh Proses Komunikasi

Sebagai contoh yang sudah berlangsung, seorang mahasiswa STKIP Lampung Selatan, Sulis Mahartika, menanyakan tentang masalah model pembelajaran, khususnya tentang sequential teaching and learning, maka substansinya adalah substansi ke-7, yakni tentang proses pengajaran dan pembelajaran. Mahasiswa ini perlu membuka portal pendidikan dengan memasukkan pertanyaannnya dalam substansi ke-7, untuk menanyakan atau sekaligus menyampaikan gagasan atau pendapatnya tentang substansi tersebut melalui portal ini. Sebagai pemilik portal ini, sudah tentu akan dapat memberikan ulasan tentang masalah tersebut dan membalasnya pada substansi ke-7 tersebut. Masyarakat pendidikan yang lain, pengguna portal ini dapat memberikan respon atau komentarnya terhadap pertanyaan atau masalah yang diajukan oleh Sulis Mahartika dengan menuliskan komentar atau jawabannya dalam substansi ke-7 pula. Dengan demikian akan terjadikan proses diskusi yang mendalam untuk membahas substansi tersebut. Untuk ini, maka ada tiga pihak yang dapat berinteraksi secara timbal balik, yakni 1) pihak pertama, yang mengajukan pertanyaan atau menyampaikan gagasan dan masukan tentang masalah pendidikan, 2) pihak kedua, yakni pemilik portal ini, yang secara moral harus memberikan tanggapan atau jawaban kepada pihak petama, dan 3) pihak ketiga adalah masyarakat pendidikan lainnya yang tertarik untuk mendiskusikan tentang pertanyaan atau masalah yang diajukan oleh pihak pertama.

Himbauan Kepada Masyarakat Pendidikan

Insyaallah portal pendidikan www.masdik.com tidak akan lama lagi akan segera lahir. Saya persilahkan kepada masyarakat pendidikan untuk dapat memanfaatkan portal pendidikan ini, tidak hanya untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan penting tentang pendidikan, tetapi juga pelbagai isu dan masalah tentang pendidikan yang telah dan sedang kita melintang di hadapan kita. Terutama kepada para pakar pendidikan diharapkan dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan-pertanyaan, masalah, dan isu-isu pendidikan yang disampaikan melalui portal pendidikan www.masdik.com ini. Marilah kita beramai-ramai untuk dapat memanfaatkan portal pendidikan www.masdik.com semaksimal mungkin, khususnya untuk mencari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, yakni salah satu dari empat tujuan negara tercinta Indonesia didirikan oleh the founding fathers. Amin.

Related Articles

Tak ditemukan hasil apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Popular Posts

Other Posts

Artikel

Lembaga Ad Hoc Pendidikan

***  Pendidikan adalah senjata terkuat yang bisa digunakan untuk mengubah dunia (Nelson Mandela, pejuang anti-apartheid dan politikus Afrika…